Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di
kalangan desainer. Berikut adalah logo Blender .
Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga
memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem
operasi, seperti:
Microsoft Windows
Mac OS X
Linux
IRIX
Solaris
NetBSD
FreeBSD
OpenBSD.
Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat
diambil siapa saja.
Di Blender juga tersedia Game Engine, mesin untuk membuat game menggunakan logic
bricks. Dan ada juga Cycles render.
Fitur Blender
Blender memiliki ukuran instalasi yang relatif kecil, sekitar 70 megabyte untuk
membangun dan 115 megabyte untuk rilis resmi. Versi resmi dari perangkat lunak yang
dirilis untuk Linux, Mac OS X, Microsoft Windows, dan FreeBSD [6] di kedua 32 dan
64 bit. . Meskipun sering didistribusikan tanpa adegan contoh yang luas ditemukan
di beberapa program lain, [7] perangkat lunak berisi fitur yang merupakan ciri khas
dari software high-end 3D [8] Di antara kemampuan perusahaan adalah: Dukungan untuk
berbagai primitif geometris, termasuk polygon, pemodelan subdivisi permukaan cepat,
kurva Bezier, NURBS permukaan, metaballs, multi-res mematung digital (termasuk kue
peta, remeshing, resymetrize, penipisan ..), font outline, dan baru n-gon pemodelan
sistem yang disebut B-mesh. Render internal mesin dengan scanline ray tracing,
pencahayaan tidak langsung, dan oklusi ambien yang dapat mengekspor dalam berbagai
format.
Sebuah mesin render pathtracer disebut Siklus (dapat menggunakan GPU Computing).
Integrasi dengan sejumlah mesin render eksternal melalui plugin.
Keyframed animasi alat termasuk invers kinematika, angker (kerangka), hook, kurva
dan kisi-berbasis deformasi, kunci bentuk (morphing), non-linear animasi, kendala,
dan pembobotan vertex.
Simulasi alat untuk dinamika tubuh lembut termasuk tabrakan mesh, dinamika fluida
LBM, simulasi asap, Bullet dinamika benda tegar, generator laut dengan gelombang.
Sebuah sistem partikel yang meliputi dukungan untuk partikel berbasis rambut.
Pengubah untuk menerapkan efek non-destruktif. Python scripting untuk pembuatan
alat dan prototyping, logika permainan, mengimpor dan / atau mengekspor dari format
lain, otomatisasi tugas dan alat kustom.
Dasar non-linear video / editing audio. Permainan Blender, sub-proyek, menawarkan
fitur interaktivitas seperti deteksi tabrakan, mesin dinamika, dan programmable
logic. Hal ini juga memungkinkan penciptaan berdiri sendiri, real-time aplikasi
mulai dari visualisasi arsitektur untuk pembangunan video game. Sebuah compositor
simpul berbasis sepenuhnya terintegrasi dalam rendering pipeline dipercepat dengan
OpenCL. Prosedural dan simpul berbasis tekstur, serta lukisan tekstur, lukisan
proyektif, lukisan titik, lukisan berat dan lukisan dinamis.
Realtime kontrol selama simulasi fisika dan rendering. Kamera dan objek pelacakan.
Sejarah Blender
Blender dikembangkan sebagai aplikasi in-house oleh studio animasi Belanda Neo Geo
. Hal ini terutama ditulis oleh Ton Roosendaal, yang sebelumnya menulis sebuah
pelacak sinar disebut Jejak untuk Amiga pada tahun 1989. Nama “Blender”
terinspirasi oleh sebuah lagu oleh Yello, dari bayi album.
Roosendaal NaN didirikan pada bulan Juni 1998 untuk lebih mengembangkan dan
mendistribusikan program. Program ini awalnya didistribusikan sebagai shareware
sampai NaN bangkrut pada tahun 2002. Para kreditur setuju untuk melepaskan Blender
dibawah ketentuan dari GNU General Public License, untuk pembayaran satu kali
sebesar € 100.000 (US $ 100.670 pada saat itu). Pada tanggal 18 Juli 2002, kampanye
pendanaan Blender dimulai oleh Roosendaal dalam rangka untuk mengumpulkan sumbangan
dan pada tanggal 7 September 2002 diumumkan bahwa dana yang cukup telah dikumpulkan
dan bahwa kode sumber Blender akan dibebaskan. Hari ini, Blender adalah gratis,
software open-source dan, terlepas dari dua setengah-waktu karyawan dan dua
karyawan penuh-waktu dari Institut Blender, yang dikembangkan oleh masyarakat.
0 comments:
Post a Comment