Sunday 11 January 2015

Apa itu Blender ( Blender Animasi ) ?????



Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di

kalangan desainer. Berikut adalah logo Blender .


Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga

memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem

operasi, seperti:

    Microsoft Windows
    Mac OS X
    Linux
    IRIX
    Solaris
    NetBSD
    FreeBSD
    OpenBSD.

Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat

diambil siapa saja.

Di Blender juga tersedia Game Engine, mesin untuk membuat game menggunakan logic

bricks. Dan ada juga Cycles render.

Fitur Blender

Blender memiliki ukuran instalasi yang relatif kecil, sekitar 70 megabyte untuk

membangun dan 115 megabyte untuk rilis resmi. Versi resmi dari perangkat lunak yang

dirilis untuk Linux, Mac OS X, Microsoft Windows, dan FreeBSD [6] di kedua 32 dan

64 bit. . Meskipun sering didistribusikan tanpa adegan contoh yang luas ditemukan

di beberapa program lain, [7] perangkat lunak berisi fitur yang merupakan ciri khas

dari software high-end 3D [8] Di antara kemampuan perusahaan adalah: Dukungan untuk

berbagai primitif geometris, termasuk polygon, pemodelan subdivisi permukaan cepat,

kurva Bezier, NURBS permukaan, metaballs, multi-res mematung digital (termasuk kue

peta, remeshing, resymetrize, penipisan ..), font outline, dan baru n-gon pemodelan

sistem yang disebut B-mesh. Render internal mesin dengan scanline ray tracing,

pencahayaan tidak langsung, dan oklusi ambien yang dapat mengekspor dalam berbagai

format.

Sebuah mesin render pathtracer disebut Siklus (dapat menggunakan GPU Computing).
Integrasi dengan sejumlah mesin render eksternal melalui plugin.
Keyframed animasi alat termasuk invers kinematika, angker (kerangka), hook, kurva

dan kisi-berbasis deformasi, kunci bentuk (morphing), non-linear animasi, kendala,

dan pembobotan vertex.

Simulasi alat untuk dinamika tubuh lembut termasuk tabrakan mesh, dinamika fluida

LBM, simulasi asap, Bullet dinamika benda tegar, generator laut dengan gelombang.
Sebuah sistem partikel yang meliputi dukungan untuk partikel berbasis rambut.

Pengubah untuk menerapkan efek non-destruktif. Python scripting untuk pembuatan

alat dan prototyping, logika permainan, mengimpor dan / atau mengekspor dari format

lain, otomatisasi tugas dan alat kustom.

Dasar non-linear video / editing audio. Permainan Blender, sub-proyek, menawarkan

fitur interaktivitas seperti deteksi tabrakan, mesin dinamika, dan programmable

logic. Hal ini juga memungkinkan penciptaan berdiri sendiri, real-time aplikasi

mulai dari visualisasi arsitektur untuk pembangunan video game. Sebuah compositor

simpul berbasis sepenuhnya terintegrasi dalam rendering pipeline dipercepat dengan

OpenCL. Prosedural dan simpul berbasis tekstur, serta lukisan tekstur, lukisan

proyektif, lukisan titik, lukisan berat dan lukisan dinamis.
Realtime kontrol selama simulasi fisika dan rendering. Kamera dan objek pelacakan.



Sejarah Blender

Blender dikembangkan sebagai aplikasi in-house oleh studio animasi Belanda Neo Geo

. Hal ini terutama ditulis oleh Ton Roosendaal, yang sebelumnya menulis sebuah

pelacak sinar disebut Jejak untuk Amiga pada tahun 1989. Nama “Blender”

terinspirasi oleh sebuah lagu oleh Yello, dari bayi album.

Roosendaal NaN didirikan pada bulan Juni 1998 untuk lebih mengembangkan dan

mendistribusikan program. Program ini awalnya didistribusikan sebagai shareware

sampai NaN bangkrut pada tahun 2002. Para kreditur setuju untuk melepaskan Blender

dibawah ketentuan dari GNU General Public License, untuk pembayaran satu kali

sebesar € 100.000 (US $ 100.670 pada saat itu). Pada tanggal 18 Juli 2002, kampanye

pendanaan Blender dimulai oleh Roosendaal dalam rangka untuk mengumpulkan sumbangan

dan pada tanggal 7 September 2002 diumumkan bahwa dana yang cukup telah dikumpulkan

dan bahwa kode sumber Blender akan dibebaskan. Hari ini, Blender adalah gratis,

software open-source dan, terlepas dari dua setengah-waktu karyawan dan dua

karyawan penuh-waktu dari Institut Blender, yang dikembangkan oleh masyarakat.

0 comments:

Post a Comment