Tuesday 20 January 2015

Keindonesiaan

Ini merupakan Sedikit artikel tentang keinginan apa yang akan saya lakukan untuk Indonesia kedepan, baik langsung saja pada pokok pembahasan.

Pernah bertanya seperti itu pada diri sendiri dan tidak tahu apa jawabanya? Hal yang wajar dan mungkin banyak yang mengalaminya. Siapa sih kita? Kita yang kecil ini bisa apa? Mahasiswa yang belum bisa membiayai diri sendiri dengan segala keterbatasan ini apa yang bias kita lakukan untuk Indonesia? Mahasiswa yang sering disebut-sebut Agen of Change, Director of Change, dan Change-Change lain dalam dunia idealita namun dalam realitanya seperti tak berkontribusi apa-apa.

Tak yakin dengan dirinya. Kita bisa merubah apa? Bahkan merubah diri sendiri pun sungguh tak mudah apalagi mengubah Indonesia yang sebesar ini, seluas ini. Bicara memang mudah, tapi kenyataannya? Tenang kawan, kenyataannya memang masalah yang Negara kita itu menumpuk dan lusuh. Kenyataannya Negara kita memang kaya akan potensi. Dan masalah kita adalah potensi itu hanyalah sekedar potensi.

Hanyalah sekedar omongan yang sering disebut-sebut, didiskusikan, dituliskan namun tak ada respon. Itulah masalah kita. Idealisme tanpa tindakan. Lalu apa yang harus kita lakukan? Mulailah dengan stop terlebih dahulu dengan hal yang besar, mulailah dengan hal kecil.  Yang akan saya tuliskan di sini bukan idealisme khayalan akan tetapi aksi nyata. Action apa yang bisa kita lakukan sebagai mahasiswa.

Akan kulakukan semuanya untuk Indonesia! Apa yang kamu harapkan untuk Negara ini? Untuk bangsa ini? Saya ingin tidak ada lagi kasus korupsi di Indonesia. Saya ingin semua anak Indonesia bisa mengenyam pendidikan. Saya ingin potensi dan sumber daya alam yang ada dapat dimaksimalkan penggunanaannya untuk kepentingan rakyat. Saya ingin tidak ada kemiskinan di Indonesia.

Saya ingin bangsa ini mempunyai otoritas diri yang kuat. Saya ingin kesejahtearaan bagi bangsa Indonesia. Saya ingin hukum yang benar-benar adil di Indonesia.

0 comments:

Post a Comment